Macam Macam Riba Serta Pengertian Riba Dalam Islam | Situs Islami
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Pendidikan

Macam Macam Riba Serta Pengertian Riba Dalam Islam | Situs Islami

situs islami
Saturday, September 22, 2018


Macam Macam Riba Serta Pengertian Riba Dalam Islam - Kata Kata Riba Sepertinya Sudah Tidak Asing Lagi Di Keseharian Kita Atau Di Telinga Kita Semua Masyarakat Yang Menganut Agama Islam, Terutama Warga Negara Indonesia Yang Notabennya Memang Muslim.
Macam Macam Riba Serta Pengertian Riba Dalam Islam
riba
Pada Umumnya Kata Istilah Riba Sendiri Sering Kita Dengan Pada Bunga Yang Di Berikan Dalam Peminjaman Uang Atau Bank Konvensional, Dan Berikut Situsislami.Net Mencoba Untuk Mengulasnya. Mari Simak Bersama Sama.

Arti Riba
Oke Sahabat Islami Yang Berbahagia, Alangkah Lebih Baik Lagi Jika Kita Mengetahui Apa Arti Riba Itu Sendiri.Sebelum Membahas Ke Bagian Jeni Jenis Riba. Secara Singkat Riba Menurut Bahasa Berarti Ziyadah (Tambahan) Atau Yang Di Sebut Nama' (Berkembang) Atau Juga Yang Di Maksud Pinjaman Yang Mensyaratkan Tambahan Di Dalamnya.

Pada Dasarnya Islam Melarang Seorang Muslim Untuk Memakan Riba, Dan Hal Ini Juga Di Terangkan Dalam Surat Al Baqarah Ayat 278 Yang Artinya Sebagai Berikut :
’Hai Orang Orang Yang Beriman, Bertaqwalah Kepada Allah Swt Dan Tinggalkan Sisa Riba (Yang Belum Di Pungut) Jika Kamu Orang Yang Beriman " (Q>S Al Baqarah : 278).

Berdasarkan Beberapa Sumber Dan Salah Satunya Telah Saya Jelaskan Di Atas, Bahwa Riba Itu Di Kelompokkan Menjadi 2. Yaitu Riba Hutang Oiutang Dan Juga Riba Jual Beli, Dan Di Mana Masing Masing Kelompok Memiliki Pembagian Jenis Ribanya Sendiri. Mari Lirik Lagi Kebawah Ini :

Jenis Riba Hutang Pitang (Riba Ad-Duyun)
1. Riba Jahiliyah
Nah Sahabat Situs Islami, Harus Tau Yaa Bahwa Riba Ini Terdapat Pada Hutang Yang Di Bayar Melebihi Dari Pokoknya, Karena Hal Ini Si Peminjam Tidak Mampu Untuk Membayarnya Pada Waktu Yang Telah Di Tetapkan Sesuai Perjanjian Yang Telah Di Ucapkan

Contoh : Semisal Si A Meminjam Uang 1000000 Dengan Tempo 1 Bulan, Dan Saat Waktunya Telah Tiba Si B Meminta Uang Yang Di Pinjamkan, Namun Si A Berkata, Bahwa Ia Belum Bisa Membayarnya, Dan Si A Meminta Waktu Lagi Satu Bulan Kepada Si B, Kemudian Si B Menyetujuinya, Dengan 1 Syarat Yaitu : Nanti Uang Yang Harus Di Bayar Senilai 1100.000, Dan Dana Penambahan Inilah Yang Di Maksud Riba Jahiliyah.

2. Jenis Riba Qrdh
Untuk Riba Jenis Ini Memiliki Pengertian Adanya Manfaat Yang Di Syaratkan Oleh Sang Pemilik Dana Kepada Yang Ingin Berhutang. Untuk Contohnya Ridak Jauh Dgn Yang Di Atas Yaaa

Jenis Jenis Riba Jual Beli ( Riba Al-Buyu')

1. Riba Nasi'ah
Riba Nasi'ah Adalah Adanya Penangguhan Penyerahan Atau Penerima Jenis Barang Ribawi Yang Di Pertukarkan Dengan Barang Yang Lainnya. Riba Ini Juga Muncul Di Karenakan Adanya Sebuah Perbedaan,Perubahan, Dan Juga Ada Tambahan Yang Di Serahkan Saat Ini Yang Di Serahkan Di Kemudian Hari.
2. Riba Fadhl
Nah Untuk Yang Ini. Memiliki Arti Apabola Terjadi Pertukaran Antar Barang Sejenis Dengan Kadar Atau Takaran Yang Berbeda

Oke Mungkin Cuman Cukup Sampai Di Sini Dulu Yaa Sahabat Situsislami.Net, Jika Di Rasa Artikel Ini Bermanfaat, Silahkan Di Like, Komen Dan Bagikan, Semoga Judul Macam Macam Riba Serta Pengertian Riba Dalam Islam, Bisa Bermanfaat