5+ Contoh Makalah Dan Cara Membuatnya Dengan Baik Dan Benar
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

5+ Contoh Makalah Dan Cara Membuatnya Dengan Baik Dan Benar

situs islami
Monday, October 1, 2018


Contoh makalah - Halo sobat situsislami semuanya,jumpa lagi yaa sama admin situsislami.net. oke kali ini saya akan menulis sebuah artikel contoh makalah serta bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. 

5+ contoh makalah dan cara membuatnya dengan baik dan benar
contoh makalah lengkap

Nah sebelum saya masuk dalam pembahasan yang lebih dalam lagi, ada baiknya saya akan menjelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan makalah itu sendiri,dan makalah itu terdiri dari apa saja,serta cover makalah yang baik dan benar bagaimana, kata pengantar itu apa,dan bagaimana cara membuat daftar isi, dan lain sebagainya, di sini akan saya bahas di kesempatan yang berbahagia ini.

Pengertian Makalah

Makalah adalah karya tulis resmi mengenai suatu pokok bahasan yang telah disusun untuk dibacakan di suatu persidangan atau di muka umum nantinya.

namun menurut salah satu ahli bahasa menyatakan bahwa makalah tersebut merupakan karya ilmiah yang di dalamnya berisi sebuah pemikiran suatu topik masalah yang ditulis secara sistematis dan dianalisis secara rasional dan objektif.

sedangkan menurut Surahmad bahwa makalah adalah segala jenis tugas kuliah secara tertulis yang harus diselesaikan secara kelompok atau individual, baik berupa karangan maupun pembahasan suatu buku yang menyangkut tentang pokok permasalahan.

Ciri-ciri Makalah

nah yang perlu sobat situsislami ketahui adalah, bahwa Makalah tidak sama dengan berbagai macam karya ilmiah seperti jurnal, artikel, maupun paper dan lain sebaginya.untuk Ciri-ciri makalah tersebut itu terbagi menjadi 3 macam, yaitu ciri-ciri makalah dari segi isi, ciri-ciri makalah dari segi penulisan, dan ciri-ciri makalah dari strukturnya.dan disini saya akan sebutkan satu persatu.

1. makalah harus Berisi sebuah kajian literatur atau laporan suatu kegiatan di lapangan yang sesuai dengan pokok bahasan suatu mata pelajaran atau mata kuliah yang telah di tentukan oleh dosennya.

2. makalah harus Berisi pendemonstrasian dan pemahaman seorang  mengenai suatu permasalahan teori dan kemudian dikaji dengan cara menerapkan prosedur, teori, serta prinsip yang berhubungan dengan mata kuliah tertentu.

3. makalah harus Dapat menggambarkan suatu kemampuan seorang pemakalah dalam menjelaskan berbagai teori dan informasi yang menjadi satu kesatuan yang sangat utuh.dan Oleh sebab itu, makalah yang sobat buat harus benar-benar tersusun dengan sempurna oleh pemakalah, dengan cara apa.....? dengan cara selalu memperhatikan EYD, tata bahasa, etika menulis, etika mengutip, serta cara menyimpulkan sebuah gagasan dalam makalah tersebut juga harus diperhatikan.

dan saya sarankan untuk para pemula yang ingin menulis sebuah makalah ada beberapa hal perlu di perhatikan dan ini yang sering dipertanyakan sebelum mereka membuat menulis sebuah makalah.Salah satunya adalah format setting/pengaturan kertas. Walaupun ini hanya permasalahan yang tidak serius, ukuran kertas adalah salah satu hal yang harus benar benar sobat perhatikan.

Dalam hal ini bertujuan supaya makalah yang sobat buat tidak banyak revisi ataupun dicoret-coret oleh dosennya.tapi tenang jangan khawatir,biar sobat senua lebih faham dan mengerti masalah ukuran kertas mari kita simak beberapa poin berikut ini untuk dapat membuat contoh makalah yang baik dan benar :

1. Sampul makalah menggunakan Kertas Buffalo (boleh berwarna)
2. Isi makalah menggunakan Kertas A4
3. Model huruf: Times New Roman
4. Ukuran huruf: 12
5. Jarak spasi : 1,5
6. Margin
7. Atas : 4 cm, Bawah : 3 cm, Kanan : 3 cm, dan Kiri : 4 cm

Dan Sesudah sobat menyiapkan kertas dan sudah bisa mengerti serta faham format penulisannya, langkah selanjutnya adalah penulisan isi dalam makalah.Dan Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara penulisan isi dari sebuah makalah. Perlu Anda ketahui bahwa makalah yang baik dan benar seharusnya mengandung 8 poin penting berikut ini:

1. Cover Makalah
2. Kata Pengantar Makalah
3. Daftar Isi Makalah
4. Pendahuluan Makalah
5. Pembahasan Makalah
6. Penutup Makalah
7. Daftar Pustaka Makalah
8. Lampiran Makalah (jika ada yang perlu dilampirkan)

Sebenarnya jika makalah diberi variasi seperti seperti lembar persembahan atau pembukaan, motto penulis dan lain sebaginya, maka makalah akan terlihat lebih lengkap serta lebih bagus. Akan tetapi dalam pembuatan makalah harus memenuhi 8 poin diatas.

Agar Sobat lebih mengerti dan memahami bagaimana sih caranya membuat cover makalah yang baik dan benar, dibawah ini saya akan jelaskan satu persatu poin-poin di atas dengan langsung menggunakan contoh-contoh makalah berikut ini.
gambar contoh makalah 1
gambar contoh makalah 2

Contoh Kata Pengantar Makalah

5+ contoh makalah dan cara membuatnya dengan baik dan benar
Kata Pengantar yang baik berisi tentang:

1. kalimat-kalimat syukur kepada Allah SWT
2. ucapan terima kasih kepada semua pihak yang 3. berperan dalam penyusunan makalah
4. alasan pembuatan makalah
5. harapan dan juga kesediaan menerima kritik dan saran
6. Penutup

Dan Itulah hal-hal yang kebanyakan dituliskan dalam kata pengantar Dari sebuah makalah. Namun ada juga pemakalah yang menambahkan unsur lain seperti doa-doa dan lain sebagainya.

Contoh Daftar isi Makalah

Sobat semua Pastinya sudah paham.bahwa Diawal artikel ini pun terdapat daftar isi.yaitu berisi semua point-point yang dibahas dalam makalah tersebut,yang berfungsi untuk memudahkan pembaca menemukan halaman atau judul yang dituju.

dan perlu sobat ketahui Sedikit berbeda dari daftar buku ataupun novel, di daftar isi makalah terdapat titik-titik sebelum nomer halaman. Dan Di Microsoft Word ada fitur untuk membuat halaman dan titik-titik tersebut secara otomatis.

silahkan sobat Perhatikan contoh daftar isi makalah yang baik dan benar berikut ini:

Contoh Makalah #1 Daftar Isi


Contoh Penutup Makalah

Pada bab penutup ini berisi sebuah kesimpulan besar dari seluruh pembahasan teori dan data dalam isi makalah tersebut.Dan Kesimpulan bisa jadi sesuai dengan hipotesa awal namun bisa juga hasilnya berbeda. Tapi yang jelas kesimputan ini harus mengandung jawaban atas tujuan yang dituliskan dalam bab 1.

Penutup biasanya berisi saran dari penulis. Sekaligus disampaikan apakah hal penelitian itu cukup memuaskan atau masih perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Contoh Makalah #1 Penutup Makalah

gambar contoh penutup 1


Baiklah sampai di sini saja artikel tentang: contoh makalah dan cara membuatnya dengan baik dan benar, semoga bermanfaat