Lengkap Panduan Cara Mudah Tayammum Bagi Umat Islam
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Lengkap Panduan Cara Mudah Tayammum Bagi Umat Islam

situs islami
Friday, October 5, 2018


Lengkap Panduan Cara Mudah Tayammum Bagi Umat Islam

situsislami.net - halo sobat semua, jumpa lagi dengan admin yang insya allah selalu update berbagai artikel, baik itu mengenai islmi,pendidikan,serta tutorial seputar blogger. namun admin di sini lebih memfokuskan kepada artikel islami. 
tata cara bertayammum
tata cara tayammum

Lengkap Panduan Cara Mudah Tayammum Bagi Umat Islam - segala puji hanya milik allah swt. hidup kita,mati kita semua ada pada ketentuan allah swt. sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada sang revolusi dunia,sang legenda islam ,sang pembela islam yaitu rosululloh saw yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam yang terang menerang,yakni adanya islam wal iman.

tidak jarang dari kita melihat sebagian dari saudara kita di kalangan kaum muslimin yang masih asing dengan istilah tayammum, namun sudah sebagian lainnya kata tayammum ini sudah tidak asing lagi di kehidupan sehari harinya. sebelum kita lanjut ke yang lebih inti lagi, admin di sini ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai tayammum

pengertian Tayammum Adalah

tayammum secara bahasa dapat di artikan sebagai Al Qosdu yang berarti Maksud. sedangkan secara istilah dalam syari'at islam adalah sebuah peribadatan kepada allah berupa mengusap wajah serta kedua tangan kita menggunakan sho'id yang bersih. Sho'id dapat di artiken seluruh permukaan bumi yang dapat di gunakan u tuk bertayammum baik yang terdapat tanah di atasnya ataupun tidak.

Untuk Dalilnya mengenai tayammum adalah.

dalil lengkap tayammum
dalil tayammum
untuk media yang dapat di gunakan untuk tayammum adalah
permukaan bumi yang bersih baik itu berupa pasir,batuan,tanah yang kering serta debu yang bersih.hal ini berdasarkan hadist rosululloh dari sahabat Hudzaifah Ibnul Yaman RA.

جُعِلَتِ الأَرْضُ كُلُّهَا لِى وَلأُمَّتِى مَسْجِداً وَطَهُوراً

“Dijadikan (permukaan, pent.) bumi seluruhnya bagiku (Nabi shollallahu ‘alaihi was sallam) dan ummatku sebagai tempat untuk sujud dan sesuatu yang digunakan untuk bersuci”.

jika suatu saat ada yang mengatakan bukankah dalam hadist Hudzaifah Ibnul Yaman Rosululloh Bersabda Tanah...?! Kita Katakan Sama Yang di katakan oleh Ash Shon'ani rohimahullah. dalam tanda kutip "Penyebutan Sebagian Anggota Lafadz Umum Bukanlah Pengkhususan"

dan perlu sobat ketahui juga, bahwa dalam hal ini merupakan pendapat Al Auzaa'i, Sufyan Ats Tsauri Imam Malik, Imam Hanifah, Syaikh Al Albani dan masih banyak yang lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

Keadaan yang Menyebabkan Untuk bertayammum adalah

1. jika tidak ada air, baik dalam keadaan safar atau juga dalam keadaan perjalanan
2. terdapat air namun( Dalam Jumlah Terbatas )serta bersamaan dengan kebutuhan lain yang memerlukan air tersebut. contoh semisal minum serta memasak.
@ Adanya Kekhawatiran jika bersuci dengan air, maka akan membahayakan tubuhnya
@ Tidak mampu menggunakanmair Untuk Berwudhu Di karenak lagi sakit
@ Khawatir kedinginan Jika bersuci dengan Air Dan tidak Adanya Yang dapat Menghangatkanair tersebut.

Gambar tata Cara Tayammum


Dan dalam salah satu lafadz riwayat Bukhori adalah sebagi berikut,

وَمَسَحَ وَجْهَهُ وَكَفَّيْهِ وَاحِدَةً

“Dan beliau mengusap wajahnya dan kedua telapak tangannya dengan sekali usapan”.

Berdasarkan hadits di atas kita dapat menyimpulkan bahwa tata cara tayammum beliau shallallahu ‘alaihi was sallam adalah sebagai berikut.

1. Memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan bumi dengan sekali pukulan kemudian meniupnya.
2. Kemudian menyapu punggung telapak tangan kanan dengan tangan kiri dan sebaliknya.
3. Kemudian menyapu wajah dengan dua telapak tangan.
Semua usapan baik ketika mengusap telapak tangan dan wajah dilakukan sekali usapan saja.
4. Bagian tangan yang diusap adalah bagian telapak tangan sampai pergelangan tangan saja atau dengan kata lain tidak sampai siku seperti pada saat wudhu
5. Tayammum dapat menghilangkan hadats besar semisal janabah, demikian juga untuk hadats kecil.
6. Tidak wajibnya urut/tertib dalam tayammum.

Pembatal Tayammum

 

cara membatalkan tayammum
pembatalan tayammum



sekian artikel ini admin tulis, semoga bisa bermanfaat, silahkan di share jika menurut sobat ini sebuah kebaikan. sekian dari saya, wassalam