Wednesday, January 23, 2019

Tata Cara Mandi Wajib Yang Tepat Sesuai Syariat Islam


Tata Cara Mandi Wajib Yang Tepat Sesuai Syariat Islam

Saat Kamu Telah Memasuki Masa Akil Balig, Penting Sekali Untuk Mengetahui Bagaimana Cara Mandi Wajib Yang Benar Sesuai Dengan Syariat Islam. Mengingat Pada Masa-Masa Ini Kamu Akan Mengalami Mimpi Basah Sehingga Harus Mandi Wajib Untuk Mensucikan Diri Dari Hadas Besar. Allah SWT Telah Berfirman : Dan Jika Kamu Junub, Maka Mandilah (Qur'an Surat Al Maidah Ayat 6). Syaikh Abdurrahman Al Juzairi Dalam Fiqih Empat Mazhab Menjelaskan Bahwa Mandi Wajib Adalah Mengalirkan Air Thahur (Suci Dan Mensucikan) Pada Seluruh Tubuh Dengan Cara Tertentu.
tata cara mandi wajib
ilusi tata cara mandi wajib
Mengapa Kita Harus Melakukan Hal Ini?

Ada Beberapa Penyebab Yang Mengharuskan Kita Untuk Melakukan Mandi Wajib. Pertama, Saat Keluar Air Mani Yang Disertai Dengan Syahwat Baik Itu Waktu Tertidur Maupun Terbangun. Kedua Ketika Melakukan Hubungan Suami Istri. Saat Haid Dan Nifas Juga Perlu Melaksanakan Mandi Wajib.

Baca Juga : Tata Cara Melaksanakan Sholat Taubat Nasuha

Banyak Orang Yang Tidak Paham, Atau Justru Malah Salah Ketika Melaksanakan Mandi Wajib. Akibatnya, Tubuh Tidak Suci Dari Hadas Sehingga Mengakibatkan Sholat Menjadi Tidak Sah. Nah, Supaya Tidak Salah Lagi Berikut Saya Sampaikan Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar :


1. Dimulai Dengan Niat. Adapun Bacaan Niat Untuk Mandi Wajib Yaitu : 

Nawaitul Ghusla Lirof’il Hadatsil Akbari Fardhon Lillaahi Ta’aalaa

Artinya: Aku Niat Mandi Wajib Untuk Menghilangkan Hadats Besar, Fardhu Karena Allah Taala.

2. Selanjutnya, Bersihkan Kedua Telapak Tangan Dengan Cara Membasuh Tangan Kiri Menggunakan Tangan Kanan, Begitupun Sebaliknya Membasuh Tangan Kanan Menggunakan Tangan Kiri. Ulangi 3 Kali.

3. Bersihkan Kemaluan Yang Masih Terdapat Sisa-Sisa Air Mani Dan Kotoran Lainnya Pada Bagian Lubang Dan Sekitarnya.

4. Dilanjutkan Dengan Berwudhu Seperti Biasa Seperti Kita Hendak Sholat.

5. Membasuh Rambut Dan Menyela Kepala Dengan Cara Mengambil Air Dengan Kedua Telapak Tangan, Kemudian Digosokkan Ke Kulit Kepala. Siram Kepala Sebanyak 3 Kali.

6. Siram Seluruh Anggota Tubuh, Dari Ujung Kepala Hingga Ujung Kaki. Jangan Sampai Ada Satu Bagian Pun Yang Tidak Basah.

Selesai.

Demikian Sedikit Informasi Mengenai Bagaimana Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Sesuai Syariat, Semoga Bermanfaat Dan Bisa Membantu Para Pembaca. Terima Kasih.
Baca Juga : Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid + Niatnya

Add Comments

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah
EmoticonEmoticon