Monday, January 21, 2019

Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid + Niatnya


Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid + Niatnya

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan mengenai apa saja keistimewaan sholat Tahiyatul Masjid atau yang juga disebut sebagai sholat untuk menghormati masjid. Hukum sholat ini sejatinya sunnah, bukan wajib. Namun sunnahnya adalah sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah hadist, “Shalat itu sebaik-baik perbuatan, baik sedikit ataupun banyak.” (Hadist Riwayat Ibnu Majah).
keutamaan sholat tahiyatul masjid
sholat tahiyatul masjid

Selain itu Rasulullah SAW juga pernah bersabda : Bilamana seseorang diantara kamu masuk Masjid, janganlah langsung duduk sebelum sholat dua rakaat (sholat Tahiyatul Masjid)." (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim)


Sholat ini bisa dilakukan kapan saja ketika kamu memasuki masjid. Namun sebaiknya, saat pertama kali memasuki masjid kamu langsung melaksanakan sholat Tahiyatul Masjid, tidak mengerjakan sholat lainnya terlebih dahulu. Dan tentunya jangan lupa sebelumnya ambil wudhu terlebih dahulu guna mensucikan diri dari hadas kecil.
 Baca Juga : Keutamaan Melaksanakan Sholat Tahiyatul Masjid

Sholat ini dalam syariat dilaksanakan dengan dua rakaat dan 1 kali dalam. Selebihnya tidak dijelaskan lagi dalam hadist, dan seusai melakukakannya bisa melaksanakan shalat lainnya, baik itu sholat wajib ataupun sholat sunnah selain tahiyatul masjid. Nah bagaimana untuk tata caranya? Apakah sama seperti sholat biasa? Atau berbeda dan ada bacaan khusus?

 Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid

Yap benar sekali, sholat Tahiyatul Masjid memang tidak terlalu jauh berbeda dengan sholat pada umumnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada niat saja. Adapun bacaan niat dari sholat ini adalah : "Usholli sunnatan tahiyyatul masjidi rok'ataini lillaahi ta'aalaa". Niat diucapkan dari dalam hati.

Berikut ini tata urutan sholat Tahiyatul Masjid dari niat hingga salam


1. Niat
2. Takbiratul Ihram
3. Membaca doa iftitah (Sunnah)
4. Membaca Surat Al Fatihah
5. Membaca Surat Pendek
6. Ruku'
7. I'tidal
8. Sujud
9. Duduk di antara dua sujud
10. Sujud
11. Berdiri lagi
12. Kembali ke nomor 3 - 10
13. Tasyahud akhir
14. Salam
15. Selesai

Nah, tidak sulit bukan? Maka dari itu yuk mulai saat ini biasakan diri untuk melakukan sholat Tahiyatul Masjid, sebagai bentuk penghormatan kita akan bangunan suci yang sangat disukai oleh Allah SWT.

Add Comments

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah
EmoticonEmoticon