Sunday, January 6, 2019

Keutamaan Membaca Kalimat Tasbih yang Luar Biasa


Keutamaan Membaca Kalimat Tasbih yang Luar Biasa

Tasbih merupakan salah satu dari lantunan dzikir yang sebaiknya selalu diucapkan. Lafal sederhana tasbih yaitu subhanallah yang jika diartikan adalah "Maha Suci Allah". Ucapan tasbih tidak hanya dibaca di kala berdzikir saja, di setiap hembusan nafas pun anda boleh melakukannya. Sama seperti kalimat dzikir lainnya, bagi siapapun yang mengucapkannya dengan ikhlas maka banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.
kalimat tasbih
kalimat tasbih
Bahkan dalam sebuah hadist disebutkan bahwa barang siapa yang membaca kalimat tasbih akan mendapatkan 1000 kebaikan dan juga menghapus 1000 dosa.
"Hendaklah ia membaca 100 kali tasbih, maka tertulis baginya 1000 kebaikan atau 1000 kebaikannya dihapus." (Hadist Riwayat Muslim). Selain itu, masih banyak keutamaan-keutamaan lainnya diantaranya yaitu :

1. Tasbih merupakan salah satu ucapan dzikir yang paling disukai oleh Allah SWT. Hal ini bersumber dari Hadist Riwayat Muslim yang berbunyi : "Perkataan yang paling disukai Allah ada empat, yakni: Subhanallah (Maha Suci Allah), wallhamdulillah (segala puji bagi Allah), dan Laaila ha illallahu wallahu akbar (tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar)

2. Dan yang kedua Allah SWT menjanjikan balasan surga bagi orang yang selalu dan terbiasa mengucapkan tasbih. Hal ini sesuai dengan Hadist Riwayat Tirmidzi ' "Barangsuapa yang mengucapkan kalimat Subhanallah wa bihamdihi (Maha Suci Allah dengan segala puji-Nya), maka ditanam sebatang pohon kurma di surga.

3. Memang tasbih merupakan kalimat yang ringan dan mudah diucapkan bagi sebagian orang. Akan tetapi, meski begitu anda akan mendapat pahala yang sangat besar di sisi Allah Swt. "Ada dua kalimat yang ringan diatas lidah, jmaun berat di atas timbangan dan dicintai oleh Allah yang Maha Pemurah. Kalimat tersebut adalah Subhanallah wa bihamdihi, Subhanallahil adzim yang artinya Maha Suci Allah Yang Maha Agung" (Hadist Riwayat Al-Bukhari dan Muslim).

Itulah beberapa keutamaan bagi seseorang yang selalu membaca tasbih di sepanjang hidupnya. Nah, daripada waktu anda digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat lebih baik dimanfaatkan untuk melafalkan kalimat dzikir, salah satunya adalah tasbih. Semoga kita selalu mendapatkan Ridho dan Ampunan dari Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin.

Add Comments

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah
EmoticonEmoticon