Keutamaan Membaca Surat Yasin


Keutamaan Membaca Surat Yasin


Yasin merupakan salah satu surah di dalam Alquran yang berjumlah 83 ayat. Makna kata Yasin tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah SWT. Namun, jika kita melihat lebih dalam isinya, surah yang satu ini memiliki kandungan yang cukup luas diantaranya pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah ta’ala, peringatan kematian, hari akhir, dan kisah perjuangan para Syuhada. 
keutamaan surat yasin
keutamaan surat yasin
Surat Yasin diturunkan di kota Mekkah, maka dari itu surat ini juga disebut sebagai Surat Makkiyah. Biasanya surat ini dibaca pada malam Jumat atau saat tahlilan ketika ada seseorang yang meninggal dunia.  Namun kapanpun itu, bagi siapa saja yang membaca Surat Yasin akan mendapatkan beberapa keutamaan diantaranya sebagai berikut :

1.  Dosa Diampuni

Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang membaca Surat Yasin. Mengenai hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat At Thabrani, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin pada malam hari maka pada keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni oleh Allah SWT

“Siapa yang membaca (surat) Yasin di malam hari dengan mengharap keridhoan Allah SWT maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

2. Mendapatkan Ketenangan Hati

Ketika anda membaca Alquran dan kerendahan hati, niscaya akan merasakan suatu ketenangan sama seperti saat melakukan dzikir. Allah Ta'ala berfirman dalam Surat Ar-ra’ad ayat 28 yang artinya :  “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah SWT. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram

3. Terhindar dari Siksa Kubur

Tentu saja setiap orang tidak ingin mengalami siksa kubur yang begitu menyiksa. Setiap orang pasti ingin hidup tenang di alam barzah. Benar begitu bukan? Membaca Surat Yasin diyakini mampu menghindari kita dari siksa pedih di alam kubur. Hal ini didasarkan pada tafsir Nur ats-tsagalayn.

“Barang siapa yang berkunjung ke makam seseorang dan membacakan surat yasin maka pada hari itu juga allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur dipemakaman itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

Demikian beberapa keutamaan membaca Surat Yasin, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Membaca Surat Yasin"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah