Sunday, January 13, 2019

Keutamaan Melaksanakan Sholat Tahiyatul Masjid


Keutamaan Melaksanakan Sholat Tahiyatul Masjid


Sholat Merupakan Rukun Islam Kedua Yang Wajib Dikerjakan Oleh Seorang Umat Muslim. Tak Hanya Itu, Tempat Yang Akan Digunakan Untuk Melakukan Shalat Haruslah Bersih Dan Juga Suci. Sholat Memang Boleh Dilakukan Di Rumah, Namun Akan Lebih Afdol Lagi Jika Kamu Melakukannya Di Masjid Terdekat. Terutama Bagi Kaum Laki-Laki. Masjid Menjadi Tempat Yang Paling Tepat Untuk Melaksanakan Ibadah Karena Merupakan Tempat Yang Sangat Suci?
Keutamaan Melaksanakan Sholat Tahiyatul Masjid
ilusi tahiyatul masjid
Ketika Kamu Datang Ke Masjid, Apa Yang Pertama Kali Kamu Lakukan? Jika Kamu Datang Ke Masjid Dan Langsung Duduk, Maka Coba Mulai Sekarang Ubah Kebiasaan Tersebut. Saat Memasuki Masjid, Langsung Dirikanlah Sholat Sunnah 2 Rakaat Yang Dikenal Dengan Istilah Sholat Tahiyatul Masjid. Pada Sebuah Hadits Yang Diriwayatkan Oleh Abu Qatadah Radhiyallahu ‘Anhu. Rasulullah Saw Bersabda, “Apabila Salah Seorang Dari Kalian Memasuki Masjid, Maka Segeralah Ia Shalat Dua Rakaat Sebelum Dia Duduk.” (Hr. Al-Bukhari No. 537 & Muslim No. 714).

Berikut Ini Beberapa Keutamaan Dari Melaksanakan Sholat Tahiyatul Masjid Yang Wajib Kamu Ketahui :


1. Sama Seperti Memuliakan Masjid

Melakukan Sholat Tahiyatul Masjid Berarti Kamu Telah Melakukan Pemuliaan Terhadap Tempat Suci Bagi Allah, Yaitu Masjid. Menurut Jumhur Ulama, Ini Sama Seperti Ketika Kita Masuk Ke Rumah Seseorang Dan Mengucapkan Salam Atau Mengucapkan Salam Ketika Bertemu Dengan Saudara Seiman.
 Baca Juga : Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat                  : Bacaan Doa Niat Memandikan Jenazah Laki-laki dan Perempuan Bahasa Arab Lengkap Terjemahnya

2. Menambah Kesempurnaan Sholat Fardhu

Sholat Wajib Itu Memang Penting, Sedangkan Sholat Sunah Itu Tidak Wajib Dilakukan. Namun Meskipun Begitu, Ada Sholat Sunnah Yang Apabila Dilakukan Akan Menyempurnakan Sholat Fardhu. Dengan Begitu, Apabila Kamu Lupa Atau Lalai Melaksanakan Sholat Wajib, Maka Kekurangan Tersebut Bisa Disempurnakan Dengan Shalat Sunnah. Allah Swt Telah Berfirman Dalam Surat Al Baqarah Ayat 184 Yang Artinya : Barangsiapa Yang Dengan Kerelaan Hati Mengerjakan Kebaikan, Maka Itulah Yang Lebih Baik Baginya. (Qs. Al-Baqarah : 184).

 3. Sholat Ini Merupakan Sebaik-Baiknya Amal


Shalat Tahiyatul Masjid Merupakan Amalan Yang Paling Utama. Tsauban Berkata Jika Rasulullah Saw Pernah Bersabda, “Beristiqamahlah Kalian Dan Sekali-Kali Kalian Tidak Dapat Istiqomah Dengan Sempurna. Ketahuilah, Sesungguhnya Amalan Kalian Yang Paling Utama Ialah Shalat. Tiada Yang Menjaga Wudhu Melainkan Ia Merupakan Seorang Mukmin.” (Hr. Ibnu Majah No. 277 Dan Ahmad 5: 276).

Itulah Beberapa Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid, Jangan Lupakan Sempatkan Diri Melakukan Ibadah Yang Satu Ini Ya. Terima Kasih.

Baca Juga : Keutamaan Membaca Surat Yasin                 : Keutamaan Membaca Kalimat Tasbih yang Luar Biasa 

Add Comments

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah
EmoticonEmoticon