Saturday, January 12, 2019

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat


Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat

Al Kahfi Merupakan Surat Ke 18 Pada Al Qur'an Yang Terdiri Atas 110 Ayat. Mungkin Kamu Pernah Mendengar Ajaran Agar Kita Membaca Surat Al Kahfi Setiap Malam Jumat Atau Hari Jumat. Sebenarnya Sih, Membacanya Boleh Kapan Saja Asal Kita Dalam Keadaan Suci Dari Hadas Kecil Dan Hadas Besar. Namun Hari Jumat Menjadi Waktu Yang Paling Afdol Untuk Membaca Surat Tersebut.

membaca surat al kahfi
ilusi membaca surat al kahfi

Hari Jumat Memang Menjadi Salah Satu Hari Yang Paling Istimewa Di Mata Allah SWT. Pada Hari Jumat Nabi Adam A.S. Diciptakan Dan Pada Hari Jumat Juga Terompet Sangkakala Dihidupkan. Bagi Kamu Yang Terbiasa Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari Jumat, Berikut Beberapa Keutamaan Yang Insyaallah Akan Kamu Dapatkan :


1. Menghindari Dari Fitnah Dajjal

Seseorang Yang Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat Bakal Menghindari Dari Fitnah Dajjal. Bahkan Nabi Muhammad SAW Juga Memerintahkan Untuk Membaca Surat Yang Satu Ini Tidak Hanya Di Hari Jumat Saja Melainkan Juga Hari-Hari Lainnya.

Dari Ibnu Umar RA, Berkata: Rasulullah SAW Bersabda :

“Baranf Siapa Yang Membaca Surat Al-Kahfi Di Hari Jum’at, Maka Akan Memancar Cahaya Dari Bawah Kakinya Higga Ke Langit, Akan Meneranginya Kelak Pada Hari Kiamat, Dan Diampuni Dosanya Diantara Dua Jumat.” (HR. Abu Bakr Bin Mardawaih)

2. Mendapatkan Ridho Allah SWT

Membaca Surat Al Kahfi Merupakan Suatu Cara Untuk Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT. Sekaligus Mengharap Ridho-Nya. Keutamaan Yang Satu Ini Dijelaskan Pada Hadits Riwayat Ahmad Yang Berbunyi :


“Barang Siapa Yang Membaca Surat Al-Kahfi, Maka Jadilah Baginya Cahaya Dari Bagian Kepala Hingga Kakinya, Dan Barang Siapa Yang Membaca Keseluruhannya Maka Jadilah Baginya Cahaya Antara Langit Dan Bumi.” (HR Ahmad).

3. Dosa-Dosa Diampuni Oleh Allah SWT

Setiap Manusia Tidak Ada Yang Sempurna, Pasti Berlumuran Dengan Dosa. Bahkan Tak Terhitung Berapa Dosa Yang Telah Kita Perbuat. Dengan Membaca Surat Al Kahfi Niscaya Tuhan Akan Mengampuni Dosa-Dosa Hamba-Nya. Hal Ini Sesuai Dengan Sabda Rasulullah SAW

" Barang Siapa Yang Membaca Surat Al-Kahfi Pada Hari Jum’at Maka Akan Memancar Cahaya Dari Bawah Kakinya Hingga Ke Atas Langit, Akan Meneranginya Kelak Pada Hari Kiamat, Dan Diampuni Dosanya Antara Dua Jum’at."


Itulah Beberapa Keutamaan Dari Surat Al Kahfi,  Semoga Bermanfaat Dan Terima Kasih..

Add Comments

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah
EmoticonEmoticon