Wednesday, January 9, 2019

Kisah Nabi Musa A.S. yang Berguru Kepada Nabi Khidir AS


Kisah Nabi Musa A.S. yang Berguru Kepada Nabi Khidir AS

gambar nabi musa
ilusi nabi musa
Kisah nabi Musa A.S. yang harus berguru kepada Nabi Khidir bermula dari teguran Allah SWT kepada Nabi Musa a.s. Hal ini disebabkan karena Musa sedikit angkuh dan tidak mengembalikan pengetahuan suatu ilmu kepada Allah. Allah memerintahkan Nabi Musa untuk bertemu dengan seorang hamba yang tinggal di pertemuan antara laut Persia dan Romawi. Karena tidak tau tempat tersebut, lantas Musa bertanya : ‘Ya Rabbi, bagaimana caranya agar aku dapat bertemu dengannya?’ Allah pun membalas pertanyaan tersebut: "Bawalah seorang ikan yang dimasukkan ke dalam suatu tempat. Jika ikan menghilang maka di sanalah hamba-Ku berada".

Musa pun mengajak pelayanannya yang bernama  Yusya’ bin Nun. Mereka pun berjalan menuju tempat yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Sampai di sebuah batu besar, mereka beristirahat dan bermalam di sana.  Sesuai dengan petunjuk Allah, ikan yang dibawa mereka pun menghilang di tempat tersebut. Walaupun pada awalnya Nabi Musa tidak mengetahui tentang hilangnya ikan tersebut, tetapi pada akhirnya Yusya' memberitahukannya kepada beliau.

Nabi Musa Bertemu Nabi Khidir


Pada akhirnya, Musa pun berhasil menemui pemuda tersebut yang ternyata bernama Khidir. Kemudian Musa berpamitan dengan pelayannya dan Yusya' pun kembali pulang seorang diri. Nabi Khidir pun memberikan syarat kepada Nabi Musa supaya tidak menanyakan apapun  yang ia lakukan selama perjalanan. Bahkan Khidir pun meragukan Nabi Musa bakal berhasil melewati ujian ini

Ucapkan Khidir pun terbukti, saat Nabi Khidir merusak kapal yang ia naiki Musa pun bertanya kepadanya mengapa melakukan ini semua. Di kesempatan pertama, Khidir masih memaafkan dan memberikan kesempatan lagi kepada Nabi Musa a.s. Setelah itu, Nabi Khidir membunuh seorang anak kecil dan kembali lagi Nabi Musa bertanya. Semula Khidir ingin mengakhiri perjalanannya bersama Musa, namun karena Musa kembali berhasil meyakinkan Khidir akhirnya Khidir pun memberikan kesempatan terakhir.

Namun sayang, kesempatan itu justru dilanggar oleh Nabi Musa a.s. perjalanan mereka harus terhenti sampai disini dan mereka berdua pun berpisah. Dari cerita tersebut kita dapat memetik hikmah bahwa, sesungguhnya sebanyak apapun ilmu yang kita miliki janganlah menyombongkan diri. Sesungguhnya di atas langit masih ada langit. Kisah Musa dan Khidir ini diterangkan secara lengkap pada Surat Al Kahfi ayat 60-82. Semoga menginspirasi ya...

Add Comments

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah
EmoticonEmoticon