Saturday, February 9, 2019

Doa Sholat Dhuha Sesuai Sunnah


Sholat Dhuha Merupakan Salah Satu Sholat Sunnah Yang Biasa Dikerjakan Oleh Seorang Muslim Ketika Memasuki Waktu Duha Dimana Waktu Di Saat Matahari Mulai Naik, Kurang Lebihnya Tujuh Hasta Sejak Terbitnya Metahari Atau Tepatnya 15 Menit Setelah Terbit Hingga Menjelang Waktu Dzhuhur.

Doa Sholat Dhuha Sesuai Sunnah
sholat dhuha

Jumlah Minimal Rakaat Yang Harus Dikerjakan Oleh Umat Islam Saat Menjalankan Sholat Duha 2 Rakaat Dan Maksimal Ada Beberapa Pendapat Yang Menggunakan 6 Rakaat, 8 Rakaat Dan 12 Rakaat, Dan Semua Rakaat Dilakukan Dalam Satuan Dua Rakaat Untuk Satu Kali Salam.


Perlu Diketahui Sebelumnya Bahwa Saat Melaksanakan Sholat Dhuha Tidak Ada Tuntunan Bacaan Khusus Yang Harus Dikerjakan. Bahkan Dalam Tata Cara Mengerjakan Sholat Dhuha Pada Dasarnya Sama Saja Dengan Tata Cara Mengerjakan Sholat-Sholat Sunnah Pada Umumnya.

BACA JUGA : Doa Mustajab Sholat Dhuha
Pertama Yaitu Dengan Berwudlu Secara Sempurna, Kemudian Berdiri Dengan Tegak Bagi Yang Mampu (Apabila Tidak Bisa Sambil Duduk Menyesuaikan Dengan Kondisi) Di Masjid Atau Tempat Yang Suci Dengan Menghadap Kiblat Kemudian Berniat Dalam Hati Layaknya Sholat Pada Umumnya.

Kemudian Dilanjutkan Dengan Membaca Do’a Iftitah, Disambung Dengan Do’a Al Fatihah Dan Dilanjutkan Dengan Bacaan Surat Alqur’an. Untuk Setiap Bacaan Suratan Al Qur’an Pada Hal Ini Tidak Ada Riwayat Yang Menjelaskan Untuk Membaca Surat Tertentu.

Jadi Anda Bisa Membaca Suratan Manapun Yang Memang Sudah Dikuasai Sesuai Dengan Hafalan Yang Baik Sesuai Dengan Tartil.

Setelah Selesai Membaca Bacaan Suratan Pendek, Seperti Layaknya Sholat Sunnah Lainnya Kemudian Melakukan Ruku Dengan Tuma’ninah, Lalu I’tidal Dengan Tuma’ninah, Dilanjutkan Dengan Sujud Dengan Tuma’ninah, Kemudian Duduk Di Antara Dua Sujud Dengan Tuma’ninah Hingga Rakaat Ke Dua.

Setelah Sholat Selesai Maka Anda Bisa Melanjutkannya Dengan Banyak Berdo’a Sesuai Dengan Apa Yang Sedang Kamu Inginkan, Mulai Dari Urusan Duniawi Maupun Akherat.

Perlu Diingat Kembali Bahwa Sebenarnya Tidak Ada Do’a Khusus Yang Diajarkan Oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Setelah Selesai Mengerjakan Sholat Dhuha. Sehingga Di Dalam Kitab-Kitab Fiqih Pun Para Ulama Juga Tidak Sama Sekali Mencantumkan Do’a Sholat Dhuha.
Wallahu A’lam
BACA JUGA : Bacaan Tasbih Sholat Dhuha

Add Comments

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah
EmoticonEmoticon