Sunday, February 17, 2019

Sholat Dhuha Berapa Rakaat


Shalat Dhuha Merupakan Shalat Sunnah Yang Dikerjakan Oleh Orang Islam Di Waktu Saat Ketika Matahari Pada Posisi Sedang Naik, Kurang Lebihnya Yaitu Antara Tujuh Hasta Sejak Terbitnya Matahari Hingga Sampai Pada Waktu Menjelang Shalat Dzuhur.
ada berapa rokaat kah shoat dhuha
ilustrasi sholat dhuha
Tata Cara Untuk Mengerjakan Shalat Dhuha Yaitu Dengan Dua Rakaat Salam Dua Rakaat Salam. Adapun Mengenai Jumlah Minimal Yang Harus Di Kerjakan Oleh Seorang Muslim Adalah Dua Rakaat Dan Cara Mengerjakannya Yaitu Sama Dengan Sholat Sunah Pada Umumnya.

Namun Terjadi Pula Beberapa Perbedaan Pendapat Tentang Jumlah Maksimal Rakaat Dari Shalat Dhuha Yang Bisa Dikerjakan. Beberapa Pendapat Dari Ulama Maliki Dan Hambali Bahwa Untuk Jumlah Maksimal Rakaat Shalat Dhuha Yaitu Delapan Rakaat.

Hal Tersebut Karena Berdasarkan Dari Riwayat Ummu Hani’ Bahwa Rasullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Yang Pernah Memasuki Rumahnya Kemudian Beliau Melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Shalat Dhuha Delapan Raka’at”
Berbeda Lagi Dengan Pendapat Dari Ulama Maliki Juga Menegaskan Bahwa “Makruh” Jika Shalat Dhuha Dikerjakan Lebih Dari Delapan Rakaat Apabila Seseorang Meniatkan Shalat Dhuha Tersebut Bukan Sebagai Niat Sunnah Mutlak. Mereka Juga Berpendapat Bahwa Yang Paling Moderat Untuk Shalat Dhuha Yaitu Sebanyak Enam Rakaat.
Baca Juga: Doa Sholat Dhuha Sesuai Sunnah
Sementara Itu, Kedua Ulama Hanafi Dan Ulama Syafi'i Menggunakan Pendapat Yang Sifatnya Marjuh (Yang Tidak Kuat) Demikian Pula Dengan Ulama Ahmad Yang Menggunakan Pendapat Bahwa Maksimal Dari Shalat Dhuha Yakni Dua Belas Rakaat.

Hal Tersebut Dengan Jelas Disampaikan Oleh Imam Tirmidzi Dan Sebuah Nasa'i Yang Sesuai  Sanadnya Bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam Bersabda, ‘ Bahwa Barangsiapa Yang Mengerjakan Shalat Dhuha Sebanyak Dua Belas Rakaat, Maka Allah Akan Membangunkan Baginya Sebuah Istana Yang Terbuat Dari Emas Di Surga.’

Jadi Kesimpulannya Adalah Anda Bisa Mengerjakan Sholat Dhuha Mulai Dari Sua Rakaat, Dan Untuk Jumlah Maksimalnya Anda Bisa Menerapkan Sesuai Dengan Beberapa Pendapat Imam Diatas Yang Mulai Dari Empat Rakaat, Enam Rakaat Dan Seterusnya.

Banyaknya Jumlah Rakaat Yang Pastinya Bisa Disesuaikan Dengan Waktu Kondisi Anda. Namun Dengan Catatan Jumlah Rakaat Yang Dikerjakan Adalah Genap Dan Dilakukan Dengan Dua Rakaat Salam.
Baca Juga : Doa Mustajab Sholat Dhuha

Add Comments

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah
EmoticonEmoticon