Tata Cara Sholat Hajat Jodoh


Yang dimaksud dengan sholat hajat yaitu shalat yang dikerjakan oleh seorang umat Islam saat ketika mempunyai kebutuhan atau hajat kemudia dengan harapan keinginan tersebut bisa di kabulkan oleh Allah SWT.
Tata Cara Sholat Hajat Jodoh
Tata Cara Sholat Hajat Jodoh
Adapun hukum mengenai sholat hajat adalah sunnah seperti yang sudah diketahui sebelumnya oleh umat islam bahwa selain sholat fardu  lima waktu adalah sunnah. Namun, sangat dianjurkan untuk bisa mengerjakannya satu kali seumur hidupnya.

Waktu untuk melaksanakan sholat hajat ini bisa anda lakukan pada waktu siang hari, akan tetapi alangkah lebih baiknya yaitu pada malam hari tepatnya pada waktu sepertiga malam kira-kiranya pada pukul 1 dini hari hingga menjelang shubuh. Karena waktu tersebut waktu yang paling utama untuk mendekatkan diri dengan sang pencipta.

Nah, untuk tatacara sholat hajat jodoh pada dasarnya tidak berbeda dengan sholat sunnag pada umumnya. Berikut adalah tata cara pelaksanaannya.
1. Niat
Niat dibacakan di dalam hati ketika mulut membacara takhbirotul ikhram, adapun jika anda membacakan niat sebelum mengucapkan takbir adalah hukumnya sunah.

2. Takhbirotul ikhram
Melafal-kan takhbirotul ikhram diucapkan bersamaan dengan mengangkat kedua tangan, dalam hal ini ada beberapa pendapat dari ulama yaitu mengangkat kedua tangan sampai bahu dan ada juga yang berpendapat hingga setinggi telinga dan dipastikan kedua ketiak terbuka.

3. Membaca Do’a Iftitah
Membaca do’a iftitah saat sholat sunnah maupun farfu hukumnya adalah sunnah, artinya jika memang tidak membacanya maka tidak apa-apa. Namun akan lebih baiknya jika anda membacanya karena akan mendapatkan pahala.

4. Membaca Surat Al Fatihah
Seperti yang sudah diketahui bahwa membaca surat Al Fatihah baik dalam sholat sunnah maupun sholatg wajib adalah hukumnya wajib. Karena membaca Al fatihah masuk dalam salah satu rukun sholat.

5. Membaca salah satu surat
Setelah membaca surah Al Fatihah maka anda bisa mmenyambungkan dengan suratan pendek yang ada di dalam Al Qur’an, dan sebaiknya suratan yang benar anda kuasai.

6. Ruku
Adapun beberapa macam bacaan ruku yang bisa anda gunakan sesuai yang telah di-hafal, dan posisi ruku yaitu posisi punggung harus sejajar dengan kepala.

7. I’tidal
Yaitu bangkit dari posisi ruku dengan membaca do’a

8. Sujud
Kemudian anda harus sujud dengan posisi tujuh anggota tubuh yang harus menempel dengan benar pada lantai.

9. Duduk antara du’a sujud
Yaitu duduk sejenak dengan membaca doa setelah melakukan sujud.

10.Sujud Kembali
Untuk bagian sujud kedua ini, bacaan yang dibaca dan tata caranya juga sama dengan sujud pertama.

11.Tahiyat
Tahiyat merupakan duduk di akhir pelaksanaan sholat, dengan membaca baca’an tahiyat akhir dan kemudian diakhiri dengan salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tata Cara Sholat Hajat Jodoh"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah